Visi dan Tujuan Prodi Pendidikan Matematika

Visi Keilmuan

Visi keilmuan Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Unwir disusun dengan mengacu pada Visi Universitas Wiralodra (Unwir) dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Wiralodra (FKIP Unwir). Visi Keilmuan Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Unwir dirumuskan sebagai berikut. “Menjadi Program Studi  unggul dan kompetitif dalam menerapkan dan mengembangkan ilmu pendidikan matematika berlandaskan teori konstruktivisme dan sosial kognitif yang mengimplementasikan nilai-nilai ketuhanan, kebangsaan, dan kearifan lokal yang terwujud pada tahun 2025 di tingkat Nasional”. Untuk lebih memperjelas makna dari rumusan visi keilmuan tersebut, maka dipaparkan tentang pengertian dari beberapa kata kunci sebagai berikut.

  1. Unggul, berarti Prodi Pendidikan Matematika FKIP Unwir secara terencana melaksanakan proses pembelajaran yang berkualitas berbasis penelitian, didukung dengan sarana dan prasarana berbasis IT yang memadai dalam setiap kegiatan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki daya saing di bidang pendidikan matematika di tingkat Nasional. Berdasar keunggulan ini, Prodi Pendidikan Matematika FKIP Unwir diharapkan akan menjadi lembaga pendidikan Strata-1 terdepan dalam pelaksanaan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
  2. Kompetitif, berarti Prodi Pendidikan Matematika FKIP Unwir diarahkan menghasilkan lulusan yang memiliki daya saing tinggi sehingga mampu menyelesaikan permasalahan dan mampu beradaptasi, berkomunikasi dengan baik, tangguh, dan percaya diri.
  3. Kontruktuvisme, berarti Prodi Pendidikan Matematika FKIP Unwir dalam proses pembelajarannya mengedepankan kegiatan yang membangun pengetahuan metematika mahasiswa secara aktif.
  4. Sosial Kognitif, berarti Prodi Pendidikan Matematika FKIP Unwir dalam pembelajarannya menekankan adanya interaksi antara individu dengan individu atau individu dengan kelompok dan dalam suatu lingkungan.
  5. Nilai-nilai ketuhanan, berarti Prodi Pendidikan Matematika FKIP Unwir dalam proses pembelajarannya tidak mengesampingkan nilai-nilai agama sehingga semua lulusan yang dihasilkan memiliki dasar nilai-nilai agama yang dianutnya sesuai dengan sila pertama Pancasila.
  6. Nilai kebangsaan, berarti dalam melaksanakan proses pembelajaran, Prodi Pendidikan Matematika FKIP Unwir berlandaskan nilai-nilai etika luhur yang bersifat menjujung tinggi nilai kebangsaan dan nilai luhur Pancasila. Melalui proses tersebut diharapkan lulusan yang dihasilkan mampu menjunjung nilai-nilai kejujuran, keadilan, dan kebersamaan dalam melaksanakan setiap aktivitas yang berkontribusi bagi peningkatan kualitas masyarakat.
  7. Kearifan lokal, berarti Prodi Pendidikan Matematika FKIP Unwir menjunjung tinggi dan mengintegrasikan budaya serta kearifan lokal ke dalam proses pembelajaran.

Tujuan

Berdasarkan visi keilmuan di atas, maka tujuan yang ingin diwujudkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Unwir yakni:

  1. Menghasilkan sarjana pendidikan matematika unggul dan kompetitif yang dilandasi nilai-nilai ketuhanan, kebangsaan, dan kearifan lokal.
  2. Menghasilkan sarjana pendidikan matematika unggul dan kompetitif yang mampu menerapkan dan mengembangkan kompetensi guru matematika.
  3. Menghasilkan sarjana pendidikan yang mampu melakukan penelitian dan publikasi karya ilmiah di bidang pendidikan matematika.
  4. Menghasilkan sarjana pendidikan yang mampu menerapkan ilmu di bidang pendidikan matematika, bersosialisasi di masyarakat, dan mempublikasikannya.
  5. Menghasilkan sarjana pendidikan yang unggul dan kompetitif di dunia kerja baik di bidang pendidikan matematika berdasarkan tridharma perguruan tinggi.

 

Strategi Pencapaian dalam Bentuk Rumusan CPL

Berdasarkan visi keilmuan dan tujuan maka lulusan Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Wiralodra diarahkan untuk menjadi profil sebagai berikut.

  1. Pendidik matematika profesional di bidang pendidikan matematika yang siap ditempatkan di jenjang pendidikan dasar dan menengah.
  2. Peneliti bidang pendidikan matematika yaitu melaksanakan proses penelitian di bidang pendidikan matematika dan mempublikasikannya.
  3. Edupreneur berwirausaha dalam bidang pendidikan khususnya bidang pendidikan matematika seperti membuat lembaga bimbingan belajar, les privat, start up, dan konsultan bidang statistik untuk pendidikan dan mengembangkan potensi diri dalam bidang lain yang relevan.

Dalam rangka mencetak lulusan yang sesuai dengan profil lulusan, Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Wiralodra mengintegrasikan dalam bentuk capaian pembelajaran. Secara lebih spesifik, Sarjana Pendidikan Matematika yang dihasilkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Unwir akan memiliki kompetensi sikap, pengetahuan, ketrampilan umum dan ketrampilan khusus sesuai dengan KKNI level 6 dan rekomendasi organisasi profesi IndoMs. Selanjutnya, disusun capaian pembelajaran Program Studi Pendidikan Matematika berdasarkan kajian atribut visi keilmuan Program Studi dan level kognitifnya.